Minggu, 13 Desember 2015

Inilah 4 Hal Fatal Penyebab Laptop Panas dan Overheat

Inilah 4 Hal Fatal Penyebab Laptop Panas dan Overheat

Inilah 4 Hal Fatal Penyebab Laptop Panas dan Overheat
Masalah overheat atau panas pada laptop adalah masalah terbesar yang dialami banyak pengguna. Biasanya masalah laptop panas ini terjadi pada laptop yang sudah berumur (laptop tua), namun tidak sedikit juga laptop baruyang mengalami masalah panas dan overheat ini.

Penyebab Laptop Panas dan Overheat

Laptop yang sering mengalami masalah panas dan overheat, jika dibiarkan terus menerus akan merusak berbagai macam komponen lainnya yang ada di dalam laptop. Komponen tersebut bisa saja rusak dan bahkan terbakar.
Ada banyak hal yang bisa menyebabkan laptop menjadi panas, di artikel kali ini, JalanTikus akan membahas hal-hal yang menyebabkan laptop menjadi panas dan overheat.

1. Penggunaan Laptop di Tempat yang Salah

Laptop Panas 1
Menggunakan laptop di tempat tidur seperti di atas kasur, bantal atau permukaan yang tidak rata lainnya adalah sebuah kesalahan yang cukup besar. Pasalnya, tempat-tempat tersebut tidak dapat menyerap panas dengan baik. Tempat tidur juga memiliki banyak partikel kecil yang bisa masuk dan mengotori komponen laptop.

2. Ventilasi Tersumbat

Pada umumnya, setiap laptop memiliki lubang ventilasi yang berfungsi untuk sirkulasi udara dari dalam dan luar laptop. Ventilasi ini juga berguna untuk membuang udara panas dari dalam laptop.
Salah satu penyebab panas dan overheat-nya laptop adalah ventilasi tersumbat akibat banyaknya debu dan kotoran di dalamnya. Sehingga udara panas dari dalam laptop tidak dapat dibuang keluar.

3. Kipas Rusak

Laptop Panas 2
Kipas rusak atau mati juga menjadi hal yang bisa menyebabkan laptop jadi panas. Dengan tidak berfungsinya kipas, otomatis tidak ada sirkulasi udara di dalam laptop tersebut.
Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengecek kipas laptop rusak atau tidak:
  1. Kamu bisa dekatkan telinga kamu pada laptop, jika tidak terdengar suara kipas, berarti kipas sudah rusak.
  2. Cara lainnya adalah kamu bisa dekatkan tangan ke ventilasi, jika tidak ada udara panas yang keluar, bisa dipastikan kipas laptop tersebut sudah rusak.

4. Kipas Kotor

Masih tentang kipas, jika kamu sudah mengecek dengan cara sebelumnya lalu udara panas yang keluar dari laptop hanya sedikit. Kamu bisa bongkar laptop kamu dan keluarkan kipasnya, tidak menutup kemungkinan bahwa kipas tersebut sudah banyak debu yang menghambat putarannya.
Untuk memantau voltage, kecepatan fan dan suhu dari laptop kamu, silakan sownload SpeedFan. SpeedFan dapat mengakses info dan menunjukkan suhu hard disk dengan pintar.
Semoga artikel ini bermanfaat, sehingga kamu terhindar dari penggunaan laptop yang overheat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah anda suka tampilan blog ini ?

Popular Posts

Featured Posts

Logo